Dahlan: Pertamina Mampu 100 Persen Kelola Blok Mahakam

gambar figure

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan meminta agar Menteri ESDM Jero Wacik tidak meremehkan Pertamina dalam mengelola blok Mahakam. Selaku kuasa pemegang saham Pertamina, Dahlan yakin akan kemampuan BUMN energi tersebut.

Dahlan menjelaskan akan menghormati segala keputusan pemerintah, dalam hal ini Menteri ESDM Jero Wacik terkait blok Mahakam.

"Keputusan nanti Pertamina mendapatkan berapa persen kepemilikan di Blok Mahakam, saya ikut pemerintah. Hanya saja pemerintah jangan meragukan Pertamina," katanya di Jakarta, Selasa 2 April 2013.

Menurut Dahlan, Pertamina mampu mengelola blok Mahakam baik itu dari segi pendanaan maupun sumber daya mineral. Untuk itu, ia meminta agar Pertamina diberikan hak pengelolaan 100 persen.

Jika pun harus berkolaborasi, maka Pertamina siap menggandeng perusahaan nasional lainnya. "Dana bisa dicari Pertamina. Kalau ingin kolaborasi banyak juga (perusahaan) yang mampu di dalam negeri," katanya.

Pengelolaan blok Mahakam, kata Dahlan, sangat penting bagi Pertamina. Blok Mahakam adalah 'jalan pintas' bagi Pertamina untuk mengalahkan Petronas. (baca: Pertamina Butuh Blok Mahakam untuk Kalahkan Petronas).

Seperti diketahui, kontrak bagi hasil Blok Mahakam ditandatangani pada 1967 dan kemudian diperpanjang pada 1997 untuk jangka waktu 20 tahun hingga 2017. Saat ini, Blok Mahakam dikelola Total EP Indonesie, Prancis dan Inpex Jepang dengan komposisi 50:50.

Pemerintah kini masih melakukan kajian yang mendalam dan komprehensif serta melibatkan berbagai unsur terkait pengelolaan blok migas yang terletak di Kalimantan Timur itu. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan final mengenai pengelolaan Blok Mahakam yang akan berakhir masa kontraknya empat tahun lagi itu.

Menteri ESDM, Jero Wacik, menyatakan saat ini sedang menghitung kemampuan Pertamina dalam mengelola blok Mahakam. "Kami menghitung kemampuan Pertamina dengan cerdas, jernih, dan tidak emosional," kata Jero, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat 15 Maret 2013.

Jero juga meragukan kemampuan Pertamina jika seandainya berniat mengelola Blok Mahakam sepenuhnya. Dia juga mempertanyakan keuntungan yang diperoleh Pertamina jika itu terjadi. "Apa mampu uangnya kalau diambil 100 persen?" kata Jero, melanjutkan. (baca: Soal Mahakam, Jero Hitung Kemampuan Pertamina). (umi)

Loading...